Waktu dan Tempat: 19-20 Oktober 2019

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) saat ini sedang mengalami dan akan terus mengalami kemajuan yang pesat. Pemanfaatan IPTEK dapat digunakan untuk menyelesaikan permasalahan di berbagai bidang, baik bidang pendidikan, ekonomi, sosial-budaya, kesehatan serta lingkungan. Kemajuan teknologi tersebut harus diimbangi dengan perubahan sistem yang baik, agar dapat memberikan dampak yang baik pula bagi masyarakat.

Titik dasar dari segala perkembangan kualitas negara adalah berpusat pada sumber daya manusianya (SDM). Semakin berkualitas sumber daya manusia maka akan semakin meningkat pula kualitas negara. Mahasiswa merupakan salah satu tonggak harapan sebagai generasi penerus yang mampu meningkatkan kualitas suatu negara. Keberadaannya merupakan cerminan dari kondisi bangsa pada saat ini.  Berbagai pengembangan di segala bidang mutlak diperlukan untuk mewujudkan fungsi mahasiswa sebagai agent of change. Mahasiswa diharapkan bisa mengembangkan inovasi dalam kreativitas atas ilmu yang diperolehnya, salah satunya adalah dalam bentuk tulisan. Menulis merupakan satu hal yang masih sulit menjadi budaya di masyarakat pada umumnya, khususnya di Indonesia. Masyarakat masih senang dibuai dengan budaya lisan. Sejalan dengan itu, aspek kerjasama dan komunikasi yang baik antar intelektual muda perlu ditumbuhkan dan dibudayakan. Kemampuan dalam menulis proposal PKM 5 bidang yang baik dan benar harus dimiliki oleh mahasiswa. Atas dasar pemikiran tersebut, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam bermaksud untuk mengadakan Pekan Ilmiah dan Kreativitas Mahasiswa (PIKMAWA) tingkat Fakultas sebagai salah satu agenda kegiatan yang diharapkan mampu menjadi salah satu bagian pendukung perkembangan kualitas dan kuantitas sumber daya manusia di Indonesia. Dalam kegiatan ini, dilaksanakan beberapa lomba yaitu Program Kreativitas Mahasiswa (PKM), Desain Grafis, dan Daur Ulang Sampah, yang diharapkan dapat menjadi sarana bagi pengembangan bakat serta potensi dari mahasiswa-mahasiswa yang ada di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Palangka Raya.

Selain itu, kegiatan ini diharapkan dapat mengasah dan membekali mahasiswa dengan hal-hal yang bermanfaat agar lebih mengembangkan potensi diri dengan memanivestasikan nilai-nilai keilmiahan melalui ide-ide kreatif sebagai upaya mewujudkan generasi Indonesia Emas tahun 2045.