MIPANTASTIC USU 2018

MIPANTASTIC USU 2018

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam adalah fakultas kedelapan yang berada di Universitas Palangka Raya. Fakultas ini merupakan fakultas termuda yang baru menerima mahasiswa baru pada tahun 2018. Namun meskipun berstatus sebagai anak bungsu, hal itu tidak menyurutkan semangat mahasiswa Fakultas MIPA dalam meraih prestasi gemilang. Baru-baru ini, Fakultas MIPA berhasil menyabet prestasi yang sangat membanggakan. Berjalannya perkuliahan selama 3 bulan pertama, mengantarkan perwakilan mahasiswa dari Fakultas MIPA untuk bertanding dalam sebuah perlombaan di tingkat nasional.

Perlombaan yang dimaksud adalah MIPA National Scientist Competition atau yang disingkat sebagai MIPAntastic. Ajang bergengsi ini diadakan oleh salah satu universitas ternama di pulau Sumatera, yaitu Universitas Sumatera Utara (USU), Medan. Adapun bidang-bidang yang diperlombakan dalam kegiatan MIPAntastic ini antara lain karya tulis ilmiah, olimpiade, poster ilmiah dan fotografi. Dari keempat bidang lomba tersebut, Fakultas MIPA mengirimkan delegasinya untuk bertanding di bidang karya tulis ilmiah dan olimpiade.

Tentunya Fakultas MIPA tidak serta-merta sembarang dalam memilih mahasiswa untuk mengikuti bidang lomba tersebut. Di Fakultas sendiri, sebelumnya telah mengadakan seleksi internal terhadap seluruh mahasiswa. Untuk bidang lomba karya tulis ilmiah, para mahasiswa diminta membentuk tim yang terdiri atas 2-3 orang, kemudian membuat sebuah rancangan karya tulis yang kemudian akan diseleksi oleh dosen yang berwenang. Dari 17 judul karya tulis yang diterima oleh dosen penyeleksi, dipilih 10 naskah terbaik yang akan dibimbing lagi untuk mengikuti lomba karya tulis ilmiah di MIPAntastic USU 2018. Sedangkan untuk bidang olimpiade, Fakultas MIPA mengadakan seleksi secara internal dimana seluruh mahasiswa diminta mengerjakan soal-soal setingkat olimpiade di bidangnya masing-masing, yaitu fisika, kimia dan biologi. Nantinya, mahasiswa yang mendapatkan nilai terbaik dari masing-masing bidang akan dikirimkan ke Universitas Sumatera Utara untuk mengikuti olimpiade, bersamaan dengan tim lomba karya tulis ilmiah.

Dari seleksi yang telah diadakan oleh  Fakultas MIPA secara internal, dosen penyeleksi memilih 10 naskah karya tulis ilmiah dan 3 orang mahasiswa dengan nilai tertinggi di setiap bidangnya untuk dikirimkan ke Universitas Sumatera Utara. Namun berbeda dengan olimpiade, 10 tim karya tulis ilmiah tidak langsung dikirimkan untuk mengikuti lomba. Akan tetapi, 10 tim tersebut akan diseleksi lagi oleh panitia MIPAntastic dengan cara mengirimkan 10 naskahnya ke email MIPAntastic USU.

Dengan segala doa dan dukungan dari semua pihak, 2 dari 10 tim yang naskahnya dikirimkan untuk diseleksi oleh panitia MIPAntastic USU, berhasil lolos ke babak final. Informasi tersebut diterima oleh mahasiswa yang bersangkutan melalui email yang berisi daftar finalis sebanyak 15 naskah terbaik. Kabar mengejutkannya lagi, Dua naskah yang berhasil lolos ke babak final tersebut ternyata diikuti oleh tim dengan anggota yang sama. Judul naskah yang berhasil lolos ke babak final tersebut yaitu, (1) Pemanfaatan Pasir Besi untuk Sintesis Besi (II)/Besi (III) Askorbat sebagai Suplementasi Anemia Defisiensi Besi, dan (2) Pembuatan Komposit Na2ZrO3-Fe2O3 dari Pasir Zirkon Kalimantan Tengah untuk Degradasi Cemaran Asam Humat Pada Air Gambut secara Fotokatalitik. Seperti yang telah dikatakan sebelumnya, dua naskah yang berhasil lolos ke babak final ini diikuti oleh tim dengan anggota yang sama, yaitu :

  1. Riaa Safitri – HAB 118 001
  2. Siswo – HAB 118 003
  3. Elda Alyatikah – HAB 118 014

Ketiga mahasiswa tersebut merupakan mahasiswa dari program studi Kimia yang dibimbing oleh dua dosen berpengalaman di bidangnya, yaitu Adventus Panda, S.Si, M.Si dan Rendy Muhamad Iqbal S.Si, M.Si. Sedangkan tiga mahasiswa lain yang mewakili Fakultas MIPA Universitas Palangka Raya untuk mengikuti olimpiade MIPAntastic USU 2018 secara berturut-turut dalam bidang Fisika, Kimia dan Biologi yaitu :

  1. Dwi Tyas Stiawan – HAA 118 004
  2. Sarmon Trisna Purba – HAB 118 009
  3. Anita Maulina – HAC 118 002

Keenam mahasiswa tersebut beserta dua dosen pembimbing dikirimkan ke Universitas Sumatera Utara untuk mengikuti serangkaian acara MIPAntastic dari tanggal 20 hingga 25 November 2018. Adapun rangkaian acara MIPAntastic yang wajib dihadiri oleh seluruh peserta terdiri atas technical meeting, pembukaan acara MIPAntastic, lomba karya tulis ilmiah, lomba fotografi dan poster ilmiah, olimpiade, penutupan sekaligus pengumuman juara, dan field trip ke Parapat.

Karena MIPAntastic merupakan ajang perlombaan di tingkat nasional, tentunya akan ada banyak perguruan tinggi lain yang bertanding dalam acara tersebut. Seperti yang terlampir dalam naskah daftar finalis lomba karya tulis ilmiah yang dikirimkan oleh panitia MIPAntastic, terdapat 10 perguruan tinggi yang terdiri atas Universitas Airlangga, Universitas Gadjah Mada, Universitas Negeri Gorontalo, Universitas Negeri Medan, Universitas Padjajaran, Universitas Palangka Raya, Universitas Pattimura, Universitas Samudra, Universitas Sriwijaya dan Universitas Sumatera Utara. Tentunya sangat membanggakan bagi Fakultas MIPA dapat mewakili Universitas Palangka Raya untuk bertanding dengan jejeran perguruan tinggi ternama di penjuru Indonesia.

Tidaklah mudah bagi mahasiswa baru yang bahkan baru menjalani perkuliahan selama tiga bulan, harus bertanding dalam lomba karya tulis ilmiah tingkat nasional. Kurangnya pengalaman dan ilmu yang belum memadai menjadi kendala utama yang harus diatasi dalam kurun waktu yang sangat singkat. Namun dengan keberadaan dosen pembimbing yang sangat berpengalaman serta semangat mahasiswa yang membara, hal tersebut dapat diselesaikan dengan sangat baik.

Sebagai seorang pembimbing administrasi, Bapak dosen Adventus Panda S.Si, M.Si mengerahkan segala waktu dan tenaganya untuk mengurus keberangkatan mahasiswa(i)nya. Sedangkan Bapak Rendy Muhamad Iqbal S.Si, M.Si, selaku pembimbing akademik, meluangkan waktu, tenaga dan pikirannya untuk memberikan arahan, pelatihan dan pembelajaran dalam waktu yang sangat singkat tersebut.

Hingga akhirnya, pada hari Jum’at, 23 November 2018 Fakultas MIPA Universitas Palangka Raya menuai hasil yang sangat membanggakan. Dengan dua naskah yang dipresentasikan oleh tim yang sama, mampu meraih dua penghargaan sekaligus saat pengumuman pemenang lomba tersebut.Naskah dengan judul Pembuatan Komposit Na2ZrO3-Fe2O3 dari Pasir Zirkon Kalimantan Tengah untuk Degradasi Cemaran Asam Humat Pada Air Gambut secara Fotokatalitik yang diketuai oleh mahasiswi bernama Elda Alyatikah berhasil menyabet juara umum ketiga. Sedangkan naskah dengan judul Pemanfaatan Pasir Besi untuk Sintesis Besi (II)/Besi (III) Askorbat sebagai Suplementasi Anemia Defisiensi Besi yang diketuai oleh mahasiswi bernama Riaa Safitri, mampu meraih salah satu dari special awards, yaitu best presenter dalam lomba karya tulis ilmiah. Posisi juara satu lomba karya tulis ilmiah ditempati oleh tim dari Universitas Sumatera Utara. Sedangkan posisi kedua ditempati oleh tim dari Universitas Gadjah Mada.

Penghargaan yang diterima oleh tim lomba karya tulis ilmiah saat meraih prestasi tersebut berupa medali perunggu dan sertifikat yang dibagikan pada masing-masing anggota tim, serta sejumlah uang tunai. Meskipun tidak menempati posisi pertama, senyum merekah tetap terlukis di wajah mahasiswa(i) tersebut saat meraih penghargaan, menghapus habis raut lelah dan membayar lunas semua usaha yang telah mereka lakukan.

Berikut adalah sekumpulan dokumentasi kegiatan MIPAntastic yang diikuti oleh mahasiswa(i) Fakultas MIPA bersama dosen pembimbing selama berada di Universitas Sumatera Utara, Medan.

  1. Foto bersama tim lomba karya tulis ilmiah bersama dosen pembimbing

  1. Foto bersama tim lomba karya tulis ilmiah bersama tim olimpiade dan dosen pembimbing

 

  1. Foto saat tim lomba karya tulis ilmiah melakukan presentasi

  1. Foto saat tim lomba karya tulis ilmiah meraih penghargaan

 

 

  1. Foto saat seluruh peserta lomba MIPAntastic mengikuti field trip ke Parapat